• Indonesia
  • Kadate
  • Bantuan kapal nelayan tingkatkan produksi hasil laut Arguni

Bantuan kapal nelayan tingkatkan produksi hasil laut Arguni

Penulis: Wigra Hanafiah
Tanggal: 28 Maret 2016
Pada tanggal 23 Januari 2016, Tangguh LNG meyerahkan bantuan berupa 8 unit perahu nelayan fiber dan 1 unit speed boat fiber bermesin 40 PK kepada Koperasi Unit Desa (KUD) Enenem Jaya di Kampung Arguni. Bantuan kapal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan di Arguni.

Sebuah acara serah terima sederhana dilakukan di depan kantor KUD Enenem Jaya dan dihadiri oleh Petrus Damianus Supriyadi selaku Tangguh Site Manager, John Toisuta selaku Kepala Dinas Perikanan & Kelautan Kabupaten Fakfak, serta Perwakilan dari Lembaga Penelitian & Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Papua (UNIPA).

“Sebelum ada bantuan kapal, kami maksimal bisa memasok 500-700 kg ikan dalam sekali pengiriman ke Tangguh. Sekarang sudah bisa lebih dari satu ton,” Ucap Jamaludin Mumuan, Kepala KUD Enenem Jaya.

Dalam satu minggu, KUD Enenem Jaya bisa melakukan 2-3 kali pengiriman ikan segar ke Tangguh LNG dengan rata-rata 1 ton setiap kali kirim. Dengan bantuan kapal ini, para nelayan dapat meningkatkan hasil lautnya sehingga bisa memasok lebih banyak lagi ikan ke Tangguh. 

“Bantuan ini tidak semata-mata memberikan armada tambahan kepada para nelayan; hasil studi yang kami lakukan bersama LPPM UNIPA menunjukkan bahwa peningkatan hasil laut di Arguni amat dipengaruhi dengan kualitas dari kapal yang digunakan untuk melaut.” Petrus Damianus menjelaskan. 

“Kami percaya bahwa keberadaan KUD Enenem Jaya dan juga dengan bantuan dari kami dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Arguni ini.” tambahnya.

Tangguh LNG melalui Program Pengembangan Kewirausahaan Masyarakat Asli Papua mendukung pendirian koperasi untuk menampung hasil bumi dan laut dari masyarakat di kampung-kampung sekitar proyek Tangguh LNG. Sejak tahun 2014, Tangguh membantu pendirian KUD Enenem Jaya di Arguni untuk memasok ikan segar ke Tangguh LNG. Sejak 2015, KUD Enenem Jaya telah memasok lebih dari 55 ton ikan untuk dikonsumsi oleh karyawan BP di Distrik Babo dan Tangguh LNG.