• Indonesia
  • Kadate
  • Kunjungan dari tokoh-tokoh adat Petuanan Arguni, Wertuar dan Sekarpikpik

Kunjungan dari tokoh-tokoh adat Petuanan Arguni, Wertuar dan Pegpeg Sekar

Tanggal: 30 Oktober 2017

Tokoh-tokoh adat dari Petuanan Arguni, Wertuar dan Pegpeg Sekar di Kabupaten Fakfak berkunjung ke Tangguh LNG pada 14-15 Oktober 2017 lalu sebagai bagian dari program tahunan untuk membina hubungan baik dengan para pemangku kepentingan, serta meningkatkan kesadaran akan kegiatan operasional Tangguh dan manfaatnya bagi masyarakat.

Kunjungan ke 24 orang tersebut – 12 orang dari Petuanan Arguni, enam dari Petuanan Wertuar dan enam orang dari Petuanan Pegpeg Sekar – diterima oleh community relations program team leader dr. Pascalis Taa yang mengajak mereka berkeliling, serta mendengarkan penjelasan Budy Hermawan, TEP sustainability projects and external interface manager, tentang perkembangan proyek ekspansi Tangguh.

“Penting bagi Tangguh untuk membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan. Kami secara aktif menjalin hubungan ini dengan semangat kesetaraan, kemitraan, kepercayaan serta penghargaan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasi Tangguh LNG,” kata Pascalis.

Di tengah kesibukannya Tangguh site manager M. Asrory menyempatkan diri untuk bertatap muka dan menyampaikan apresiasi kepada tokoh-tokoh adat dari Petuanan Arguni, Wertuar dan Pegpeg Sekar tersebut atas kunjungan mereka.

Kunjungan tersebut juga membuka kesempatan bagi para tokoh adat untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya terkait kegiatan operasi dan proyek Tangguh LNG seperti tentang rekrutmen untuk proyek ekspansi yang kemudian dapat dijawab oleh kontraktor Tangguh, CSTS.

Karena banyaknya pertanyaan terkait dengan peran pemerintah, Tangguh juga menyempatkan untuk memberi penjelasan tentang peran perusahaan sebagai kontraktor bukan untuk menggantikan peran pemerintah Indonesia, selain juga menekankan pentingnya menyalurkan pertanyaan pada jalur komunikasi yang benar.