Tokoh Masyarakat Fakfak Dukung Tangguh LNG

Penulis: Hendra Waromi, Tangguh Field Communication Officer
Tanggal: 24 Oktober 2016
Hubungan yang harmonis secara berkesinambungan dengan masyarakat di sekitar proyek Tangguh LNG sangat penting bagi manajemen BP sebagai operator kilang dan menjadi salah satu pilar penting bagi keberlangsungan operasi perusahaan.

Menyadari hal itu, baru-baru ini manajemen BP melalui tim Community Relation and Program (CRP) mengundang kehadiran para pemangku kepentingan dari Kabupaten Fakfak ke lokasi kilang Tangguh LNG. Kali ini, manajemen BP yang diwakili oleh Site Manager M. Asrory menerima perwakilan masyarakat dan pemerintah dari Distrik Mbahamdandara, Distrik Kokas, Distrik Arguni Taver dan Distrik Bomberai. 

Kunjungan selama satu hari itu, dimanfaatkan sebagai ajang tukar informasi, tanya jawab dan diskusi. Pada sesi diskusi dan tanya jawab, sebagian besar tokoh masyarakat menyampaikan aspirasi mereka yang berkaitan dengan isu tenaga kerja, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan kegiatan ekonomi masyarakat lokal, pendidikan, kesehatan dan hak ulayat. Semua aspirasi dan masukan warga ini di catat dan menjadi rekomendasi bagi pengembangan program-program sosial ke depannya.

Salah satu tokoh masyarakat adat Mbahamdandara, H Heremba, juga menyatakan dukungan masyarakat bagi pengembangan operasi Tangguh LNG dan berharap kehadiran Tangguh dapat berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. 

Kunjungan para pemangku kepentingan setempat ke lokasi kilang Tangguh LNG merupakan agenda tahunan yang telah diprogramkan sebelumnya. Selain melakukan tatap muka dan tanya jawab, para peserta juga diajak berkeliling sejumlah area yang ada di lokasi kilang. 

Diharapkan melalui informasi yang disampaikan para pemangku kepentingan dapat memahami secara jelas kegiatan operasi perusahaan dan memberikan dukungan mereka bagi keberlanjutan operasioanl perusahaan di tahun-tahun mendatang.