Gubernur Papua Barat kunjungi Tangguh LNG

Penulis:
Tanggal: 25 Agustus 2015
Gubernur Papua Barat, Abraham Atururi melakukan kunjungan yang bersejarah hari Selasa, 25 Agustus 2015 untuk melihat lebih dekat fasilitas produksi yang ada di kilang Tangguh LNG guna membahas kinerja Tangguh dan dukungan yang dibutuhkan dari pemerintahan setempat.

Pada kunjungan satu hari tersebut, beliau didampingi oleh Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibui, Brigadir Jenderal Kepolisian Papua Royke Lumowa, Bupati Bintuni Alfons Manibui, Kepala Dinas Pertambangan Papua Barat John Tulus, dan Penasihat Senior Gubernur Timbul Pudjianto.

"Tuhan memberkati Tangguh dan tanah Papua; saya sangat bangga melihat anak-anak Papua kita bekerja di Tangguh dan berterima kasih atas kontribusi dan manfaat yang Tangguh berikan kepada Papua," Abraham Atururi menyatakan di sela-sela makan malam bersama pimpinan dan karyawan Tangguh LNG. Abraham Atururi menambahkan bahwa ini adalah kunjungannya yang pertama dalam 12 tahun, setelah kunjungan terakhirnya ke base camp Saengga tahun 2003 ketika Beliau masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Papua Barat.

Makan malam dihadiri pula oleh BP Indonesia Head of Country Dharmawan Samsu, Tangguh Site Manager PD Supriyadi, dan Tangguh Sustainability Projects Director Panarto Prawirowijoto.

BP Indonesia Head of Country Dharmawan Samsu menyampaikan terima kasih kepada Abraham Atururi karena telah meluangkan waktu di antara kesibukan jadwalnya untuk datang ke Tangguh. Dharmawan juga menyampaikan harapannya agar kunjungan tersebut dapat memperkuat kerjasama antara pemerintah daerah Papua Barat dan BP sebagai operator Tangguh LNG.
Selama kunjungannya, Abraham Atururi berkesempatan melihat Main Control Building (MCB) Train 1 dan Train 2, serta berbincang-bincang dengan staf operasional MCB untuk mengetahui lebih mendalam mengenai cara mengoperasikan fasilitas LNG yang terintegrasi seperti Tangguh LNG. Beliau sangat terkesan dengan kemampuan para teknisi Papua dalam menjelaskan hal-hal teknis tentang operasional kilang menggunakan dialek Papua secara lugas sehingga mudah dimengerti.

Atururi juga berkunjung ke kawasan pabrik dan melihat proses pengapalan LNG ke atas kapal tanker Tangguh Sago.

Bupati Bintuni Alfons Manibui, di dalam sambutannya, menyatakan bahwa ini merupakan kunjungan yang patut dicatat di dalam sejarah karena merupakan pertama kalinya Gubernur Papua Barat datang ke Tangguh. Ia menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang erat, serta komunikasi yang terbuka dan transparan antara Tangguh dan pemerintah daerah.