Program Magang Angkatan VIII LNG Tangguh Lulus

Penulis:
Tanggal: 13 Oktober 2014
Kegiatan Program Magang Angkatan VIII di LNG Tangguh telah berakhir pada bulan September 2014 lalu. Banyak pengalaman yang diperoleh para peserta selama mengikuti proses magang, antara lain  bangun pagi jam 5 subuh, bekerja dengan orang asing,  belajar Bahasa Inggris, hingga pengalaman bersosialiasi dengan sesama karyawan dan pimpinan.

Saat acara pelepasan peserta magang, Tangguh Site Manager Bapak Bimasakti Ediyono mengatakan bahwa kegiatan magang selama hampir enam bulan itu diharapkan telah memberikan pengaruh positif bagi ke 19 peserta magang, terutama perihal dinamika kerja, kedisiplinan, dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurutnya, semua hal yang didapat selama periode magang dapat menjadi bekal untuk pengembangan diri para peserta, baik di industri kerja maupun di tengah-tengah masyarakat. Kesempatan magang di LNG Tangguh ini juga dapat dijadikan posisi tawar untuk mencari pekerjaan di luar Tangguh.

Salah seorang peserta magang asal Babo, Martina Eria, mengaku banyak pengalaman yang dia peroleh selama magang di LNG Tangguh. Gadis berdarah Irarutu ini berharap ke depan program ini dapat terus dilanjutkan, dengan harapan agar lebih banyak putra-putri asli Teluk Bintuni yang ikut berpartisipasi.

Acara pelepasan ini juga diisi dengan penyampaian kesan dan pesan dari sejumlah perwakilan departemen dan kontraktor dimana peserta magang di tempatkan. Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Bapak Bima kepada Fiona Kwa, salah satu peserta magang.

Peserta Magang Angkatan VIII tahun 2014  ini berasal dari penyaringan yang dilaksanakan di beberapa kampus seperti: UNIPA Manokwari, UNCEN, dan kampus USTJ di Jayapura. Hasil seleksi tersebut berhasil menyaring 19 peserta magang.

Sejak dimulai tahun 2009 telah tercatat sebanyak 139 alumni yang berhasil menyelesaikan keikutsertaannya pada program ini. Sebanyak kurang lebih 30 persen diantaranya diterima bekerja di proyek LNG Tangguh.

Program magang ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Selama magang mereka belajar berbagai hal mulai dari budaya kerja di perusahaan,  fungsi dan tugas masing-masing departemen, serta bagaimana mengaplikasikan teori yang didapat di kampus dengan kondisi di tempat kerja. Tidak jarang  peserta magang akan menemukan banyak hal-hal baru di tempat kerja yang tidak mereka dapatkan di kampus.

Seleksi untuk Program Magang Angkatan IX akan berlangsung di akhir bulan Oktober 2014 untuk periode magang bulan November 2014 sampai dengan Mei 2015. Silahkan hubungi Tangguh Internship Program di email tghapprect@se1.bp.com untuk mengetahui jadwal kunjungan ke kampus.

Hendra Waromi / Jenny Imbenay