UP4B Inspeksi Proyek Listrik Bintuni

Program Pengembangan Papua di Tangguh

Tanggal: 5 September 2012
Semangat untuk mengetahui secara langsung perkembangan proyek listrik Bintuni dan program pengembangan Papua, Ketua Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) Bambang Darmono terbang ke Teluk Bintuni, Papua Barat untuk mengunjungi Tangguh pada tanggal 5 September 2013.

Beliau didampingi oleh pejabat senior UP4B Wempie Wola, Amiruddin Al-Rahab dan Rahmat Siregar selama kunjungan setengah hari tersebut. Mereka menginspeksi interface substation baik dari sisi Tangguh maupun PT. PLN (Persero) dan melakukan tur fasilitas kilang LNG.

Bambang diantar mengunjungi substation BP yang telah rampung sejak Februari 2013 dan telah siap beroperasi, untuk menginspeksi persiapan teknis tim Tangguh. Substation ini akan menghantarkan pasokan listrik dari Tangguh ke interface substation, yang kini masih dibangun oleh PLN di luar pagar kilang. PLN akan menghantarkan listrik tersebut ke kampung-kampung di Teluk Bintuni.

Berbicara di lokasi, Ketua UP4B mengatakan Beliau ingin melihat masyarakat setempat mulai menikmati listrik dari proyek tersebut pada akhir tahun ini. "Ini bisa menjadi kado Natal buat mereka," katanya.

Saat melakukan tur kilang LNG Tangguh, Bambang berkunjung ke Main Control Building kilang dan menerima penjelasan soal kegiatan operasional Tangguh oleh para karyawan yang berasal dari Papua. Beliau berinteraksi dan mengajukan banyak pertanyaan soal perkembangan karir mereka di Tangguh.

"Saya bangga kepada kalian dan jadilah yang terbaik di Tangguh," kata Bambang seraya berjabat tangan dengan beberapa karyawan Papua sebelum meninggalkan Main Control Building. Beliau menyampaikan hal serupa saat berbincang dengan teknisi-teknisi Papua lain di interfacce substation BP. Bambang menyatakan ia ingin melihat masyarakat Papua menunjukkan potensi terbaiknya dalam pekerjaan.

Sebelum beranjak, UP4B menerima presentasi singkat tentang Program Investasi Sosial BP. Bambang menyatakan apresiasinya dan bahwa Beliau akan membahas langsung dengan pihak Kementrian Pendidikan di Jakarta untuk menlihat kemungkinan kerjasama antara BP dan Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Bintuni di masa mendatang.

Dalam hari-hari setelah kunjungan tersebut, UP4B mempublikasikan beberapa artikel berita lewat websitenya untuk menunjukkan hasil positif dari kunjungan tersebut.

UP4B merupakan mitra strategis dalam pengembangan Papua, dan kunjungan ke Tangguh penting dalam mempercepat selesainya proyek listrik bersama di Bintuni.