Tangguh LNG

Tangguh LNG merupakan suatu pengembangan unitisasi dari enam lapangan gas terunitisasi yang terletak di wilayah Kontrak Kerja Sama (KKS) Wiriagar, Berau dan Muturi di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Cadangan gas ditemukan pada pertengahan tahun 1990-an oleh Atlantic Richfield Co. (ARCO). Tangguh LNG dioperasikan oleh BP Berau Ltd. (100% milik BP). Anak perusahaan lain milik BP lainnya dalam pengembangan Tangguh LNG ini adalah BP Muturi Holdings B.V., BP Wiriagar Ltd. dan Wiriagar Overseas Ltd. – sehingga membuat BP memiliki 40.22% kepesertaan di Tangguh LNG.

Mitra-mitra kerja lainnya:
•	MI Berau B.V. (16.30%)
•	CNOOC Muturi Ltd. (13.90%)
•	Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd. (12.23%)
•	KG Berau Petroleum Ltd (8.56%)
•	KG Wiriagar Petroleum Ltd. (1.44%)
•	Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc. (7.35%)

Tangguh mulai berproduksi pada tahun 2009, hanya empat tahun setelah memperoleh persetujuan dari Pemerintah. Kini Tangguh beroperasi sesuai kapasitas terpasangnya, dan pekerjaan sedang berlangsung untuk mengembangkan Tangguh dengan penambahan satu kilang LNG baru (Train 3).

Maaf, anda butuh Javascript untuk melihat video ini

Memutar video

mohon tunggu…

Program Pemagangan Teknisi Tangguh LNG

Inilah salah satu cara kami untuk mengembangkan tenaga kerja lokal di Papua Barat

Program Pemagangan Teknisi Tangguh LNG merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mempersiapkan pesertanya dengan kemampuan teknis agar dapat menjadi teknisi andal dan siap bekerja baik di BP maupun dalam proyek migas lain.

Berbagai kompetensi diajarkan dalam program yang berlangsung intensif tiga tahun ini, antara lain fisika, matematika, kimia, Bahasa Inggris, produksi minyak & gas, mekanikal, instrumentasi, kelistrikan, keselamatan kerja dan lainnya. 

Program ini ditujukan bagi orang asli Papua yang berdomisili di Papua Barat dengan minimal SMU / SMK dan maksimum D4 dengan usia minimal 16 tahun dan maksimal 30 tahun.

112 peserta asal Papua kini tengah mengikuti program intensif di fasilitas Petrotekno di Ciloto, Jawa Barat.

Program ini merupakan refleksi dari komitmen Tangguh LNG dalam mengembangkan tenaga kerja lokal menuju 85% pekerja asal Papua dan Papua Barat pada tahun 2029. Bersama program ini, Tangguh menciptakan sebuah wadah untuk mempersiapkan talenta lokal untuk Papua Barat yang lebih baik.