Program Wellness di Tangguh Site

Penulis: dr. Henessy / dr. Amelia M.
Tanggal: 6 Juni 2016

Untuk memonitor kesehatan pekerja yang memiliki resiko gangguan pembuluh darah, khususnya pembuluh darah jantung (coronary artery disease) tim Health perusahaan menyelenggarakan Program Wellness bagi karyawan BP termasuk kontraktor yang bekerja di Tangguh Site.

Beberapa kondisi terkait terganggunya pembuluh darah jantung tersebut antara lain:

  • Dyslipidemia (gangguang kadar lemak dalam darah – kolesterol tinggi)
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Diabetes (kencing manis)
  • Penyakit jantung koroner
  • Stroke
  • Kanker
  • Obesitas (kelebihan berat badan)

Faktor keturunan berperan besar terhadap terjadinya penyakit ini, namun demikian gaya hidup tidak sehat juga sangat berkontribusi dan tidak terbatas pada mereka yang mempunyai riwayat keluarga. Akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, penyakit ini kini banyak diamati pada populasi usia 30-40 tahunan.

Contoh gaya hidup tidak sehat antara lain mengkonsumsi makanan berlebihan, tidak cukup mengkonsumsi sayur dan buah, kurang olah raga, merokok, kebiasaan tidur malam hari kurang dari enam jam, dan sebagainya.

Di Tangguh Site terpantau adanya peningkatan penyakit-penyait seperti ini. Pada tahun 2014 tercatat 78 kasus urgent referral (rujukan segera) dan dua orang meninggal akibat penyakit ini. Sementara pada tahun 2015 tercatat 70 kasus urgent referral yang kebanyakan ditujukan kepada spesialis penyakit dalam dan spesialis jantung. Masih di tahun 2015, hipertensi menjadi penyakit ketiga terbanyak yang mengharuskan orang untuk diobservasi di klinik Tangguh. Satu orang rekan kita meninggal dan satu orang harus dievakuasi sepanjang tahun 2015 akibat penyakit jantung koroner.

Karena itulah Tim One Health Tangguh menggencarkan Program Wellness. Terdapat 4 parameter yang diperhatikan:

  1. Kadar kolesterol darah; 
  2. Tekanan darah;
  3. Kadar gula darah; dan 
  4. Berat badan (BMI). 

Bagi pekerja Tangguh LNG yang memperoleh status ‘fit with note’ atau sehat dengan catatan pada sertifikat medical checkup (MCU), mereka wajib melakukan upaya tindak lanjut. Kesadaran untuk menindaklanjuti temuan hasil MCU harus dimiliki setiap pekerja.

Untuk mendukung program ini, Tim Quality Life Improvement (QLI) yang dimotori oleh BP dan mitra kerjanya merancang berbagai kegiatan olah raga seperti Wellness Event, Run A Muck, Health Fair dan sebagainya.

Menjaga kondisi agar tetap sehat secara fisik dan mental memang menjadi impian setiap orang. Untuk itu gaya hidup sehat, olahraga teratur, makan makanan bergizi dan seimbang, dan rajin melakukan kontrol penyakit-penyakit yang sudah ada ke klinik LNG Tangguh perlu dilakukan untuk mewujudkan hidup sehat bersama keluarga tercinta.